Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

✅ Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja Panel Distribusi - Main Distribution Panel (MDP)

Apa itu Panel Distribusi dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Apa Itu Panel Distribusi, Bagaimana Cara Kerja Panel Distribusi, Fungsi Panel Distribusi

Jika Anda menyediakan daya untuk berbagai komponen yang berbeda secara bersamaan, menggunakan panel distribusi mungkin merupakan pilihan terbaik untuk dipertimbangkan. Anda mungkin pernah melihat ini sebelumnya – biasanya panel distribusi dipakai pada gedung dan rumah dengan daya listrik yang besar.

Ini adalah panel kontrol tempat Anda dapat mengontrol daya untuk berbagai komponen dan lokasi di seluruh bangunan, atau di mana pun panel dipasang.

Untuk memahami apa itu panel distribusi, ada beberapa fitur yang perlu Anda ketahui.

Apa itu Panel Distribusi?

Panel distribusi atau Main Distribution Panel (MDP) dapat ditemukan di hampir semua rumah atau gedung kantor profesional di seluruh dunia.

Sederhananya, panel distribusi adalah tempat sumber listrik utama dikendalikan dan dibagi untuk ruangan yang berbeda-beda seperti kamar, dapur, gudang, atau kantor.

Panel distribusi bisa besar atau kecil. Jumlah sirkuit tergantung pada kebutuhan lokasi yang sedang dialiri daya. Di bawah ini, kami akan membahas apa itu panel distribusi dan bagaimana cara kerjanya secara lebih rinci. 

Fungsi Dasar Panel Distribusi

Panel Distribusi, MCB, Schneider, Fungsi panel Distribusi

1. Sumber Daya untuk Seluruh Perlengkapan

Seperti disebutkan secara singkat, panel distribusi adalah sumber utama dari rangkaian besar rangkaian listrik. Panel distribusi bekerja dengan menggabungkan sirkuit dari berbagai lokasi menjadi satu hub pusat. Ini memungkinkan Anda untuk mengakses seluruh jaringan listrik untuk rumah Anda dari satu tempat.

2. Membagi Daya menjadi Sumber Terpisah

Panel distribusi bekerja dengan menyediakan satu sakelar daya utama yang mengontrol daya untuk semua sirkuit. Saat dimatikan, sakelar daya utama dapat mematikan sementara seluruh jaringan. Namun, ada kalanya Anda mungkin perlu mengontrol daya untuk komponen atau lokasi terpisah di rumah Anda.

Untuk alasan ini, panel distribusi akan memisahkan masing-masing sirkuit ke dalam sakelarnya sendiri. Dengan cara ini, jika Anda perlu mematikan daya hanya di satu lokasi rumah Anda, Anda dapat melakukannya tanpa mematikan daya untuk area lain yang membutuhkan daya pada saat itu.

3. Mengamankan Arus Pada Instalasi Listrik di Gedung dan Rumah

Tanpa panel distribusi, menyalakan gedung kantor atau gudang Anda akan sangat berbahaya. Bayangkan menjalankan ratusan kabel listrik yang berbeda dari lokasi yang berbeda ke jaringan listrik kota setempat Anda.

Tanpa panel distribusi, menyalakan kompleks besar dengan sistem kelistrikan yang rumit akan menjadi mimpi buruk total.

Bagaimana Panel Distribusi Bekerja

Listrik biasanya dibuat di pembangkit listrik lokal di wilayah Anda. Setelah dibuat, itu dikirim ke jaringan listrik pusat yang menghubungkan ke seluruh kota Anda. Bangunan Anda memiliki hak istimewa untuk terhubung ke jaringan pusat, tentu saja, selama Anda bertanggung jawab dan membayar tagihan listrik Anda.

Bangunan Anda juga perlu memiliki jaringan listrik sendiri, seperti halnya kota. Jika tidak, Anda tidak akan pernah bisa mengatur penggunaan listrik Anda. Di sinilah memiliki panel distribusi berperan. Dengan menggunakan satu sirkuit utama yang terpisah menjadi beberapa sirkuit yang lebih kecil, Anda dapat dengan mudah mengontrol aliran listrik untuk seluruh rumah.

Saat Anda perlu mematikan semua daya untuk rumah atau gedung kantor Anda karena alasan apa pun, cukup matikan sakelar utama. Jika Anda perlu mematikan daya di satu ruangan atau untuk satu alat utama, panel distribusi biasanya memiliki sakelar terpisah untuk hal-hal seperti ini. Itu semua tergantung pada bagaimana Anda memasang panel.

Macam-macam dan Jenis Panel Distribusi

Panel MVMDP

  1. Panel MVMDP (Medium Voltage Main Distribution Panel) adalah panel distribusi / pembagi setelah gardu PLN.
  2. Mendistribusikan listrik dengan tegangan 20 kV.
  3. Selanjutnya dari panel MVMDP akan dilanjutkan ke Transformer / Trafo step down 20 kV ke 380/220 V.

Panel LVMDP

  1. Panel LVMDP (Low Voltage Main Distribution Panel) adalah panel distribusi / pembagi setelah Trafo step down.
  2. Mendistribusikan listrik dengan tegangan 380/220 V.
  3. Selanjutnya dari panel LVMDP akan dilanjutkan ke beberapa jenis panel, salah satunya panel MDP.

Panel MDP

  1. Panel MDP (Main Distribution Panel) adalah panel distribusi / pembagi setelah panel LVMDP (Low Voltage Main Distribution Panel).
  2. Mendistribusikan listrik dengan tegangan 380/220 V.
  3. Selanjutnya dari panel MDP akan dilanjutkan ke beberapa panel listrik kecil seperti tenant gerdung / perumahan.

Harga Panel Distribusi

Harga panel distribusi sangat beragam mulai dari Rp. 2.000.000 s/d Rp. 10.000.000, tergantung dari besarnya daya (Watt), ampere, dan berapa banyak daya listrik ingin dibagi.

Untuk mendapatkan harga yang akurat dan jelas, silahkan menghubungi kami atau klik www.panellistrikindustri.com