Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian, Fungsi, dan Perakitan Panel LVMDP

Harga Panel LVMDP, Pembuatan Panel LVMDP, Perakitan Panel LVMDP, Kontraktor Panel LVMDP

Apakah itu Panel MDP

Panel LVMDP (Low Voltage Main Distribution Panel) merupakan panel pembagi tegangan listrik sesudah Trafo step down. Membagikan listrik dengan tegangan 380/220 V. Seterusnya dari panel LVMDP akan diteruskan ke sejumlah tipe panel, satu diantaranya panel MDP.

Panel listrik secara umum memiliki peranan sebagai piranti pembagian dan proteksi listrik dari PLN. Beberapa macam ukuran panel listrik diperlukan supaya distribusi listrik dari PLN bisa dilaksanakan dengan aman dan teratasi.

Untuk memudahkan dalam memahami, panel listrik bisa dimisalkan sebagai tempat air minum. Sebagai contoh, pikirkan sebuah galon air, botol, dan gelas. Ke-3 perlengkapan itu sama dipakai sebagai tempat air minum.

Saat kita sedang haus, tentu saja akan susah dan beresiko untuk langsung minum dari galon. Maka dari itu, biasanya orang akan menuang air dari galon ke botol lebih dulu. Selanjutnya ada saatnya 1 botol air perlu dipisah ke sebagian orang. Karena itu, gelas diperlukan supaya tiap orang mendapatkan air minum itu.

Galon adalah permisalan untuk sumber listrik PLN, botol dan gelas sebagai panel listrik dengan beragam tipe / ukuran. Bisa diambil kesimpulan, sumber listrik PLN dan panel listrik jadi poin penting dan sama-sama terkait supaya listrik bisa dialokasikan ke warga dengan aman.

Macam-macam Panel Listrik

1. Panel MVMDP

  • Panel MVMDP (Medium Voltage Main Distribution Panel) ialah panel distribusi / bagi sesudah gardu PLN.
  • Membagikan listrik dengan tegangan 20 KV.
  • Seterusnya dari panel MVMDP akan diteruskan ke Transformer / Trafo step down 20 KV ke 380/220 V.

2. Panel LVMDP

  • Panel LVMDP (Low Voltage Main Distribution Panel) ialah panel distribusi sesudah Trafo step down.
  • Membagikan listrik dengan tegangan 380/220 V.
  • Seterusnya dari panel LVMDP akan diteruskan ke sejumlah tipe panel, satu diantaranya panel MDP.

3. Panel MDP

  • Panel MDP (Main Distribution Panel) ialah panel distribusi / bagi sesudah panel LVMDP (Low Voltage Main Distribution Panel).
  • Membagikan listrik dengan tegangan 380/220 V.
  • Seterusnya dari panel MDP akan diteruskan ke sejumlah panel listrik kecil seperti tenant gerdung / perumahan.

Secara umum terdapat beberapa komponen wajib yang ada didalam panel MDP, seperti: Panel Listrik, MCCB, MCB, Power Meter, Power Supply,  Push Button, dan Pilot Lamp.


Panel LVMDP, Pembuatan Panel LVMDP, Perakitan Panel LVMDP, Jual Panel LVMDP

Keuntungan memakai Panel LVMDP (Low Voltage Medium Distribution Panel)

Ada beragam keuntungan memakai panel distribusi untuk pembagi tenaga listrik, antara lain:

  1. Panel distribusi daya mengirit proses distribusi listrik.
  2. Memberi keamanan pada bahaya listrik seperti sirkuit pendek.
  3. Tawarkan sarana alterasi daya dan distribusi dari sumber primer dan sekunder ke beragam piranti dan perlengkapan external.
  4. Panel distribusi daya ini terus-terusan memantau sumber daya primer dan sekunder, hingga memberi kemampuan yang aman dan konstan ke piranti perlengkapan external.
  5. Panel distribusi daya memungkinkannya pembagian sumber suplai listrik ke sejumlah sirkuit, dengan sekering atau pemutus sirkuit untuk tiap serangkaian.
  6. Panel-panel ini direncanakan untuk terima input volt 3-fasa dan membagikan beragam gabungan output 1-fase dan 3-fase.

Pemakaian dan Program dari Panel LVMDP

Ada banyak program Panel LVMDP, yakni :

  1. Piranti output pendek
  2. Tanda-tanda pemanas arus
  3. Loop break sirenes
  4. Heater break sirenes
  5. Lapangan terbang
  6. Stadion
  7. Pusat Pameran ( convention center)

Perakitan Panel LVMDP

Panel LVMDP (Low Voltage Main Distribution Panel) ialah induk kendalian atau pusat kendalian tenaga listrik pada bangunan, perkantoran, pergudangan, apartement, hotel, pabrik, atau tempat tinggal rumah.

Dikatakan sebagai pusat kendalian tenaga listrik karena saat sebelum tenaga listrik dialokasikan pada tiap penggunaan, tenaga listrik akan diproses dan dikendalikan lebih dahulu dari induk power LVMDP.

Apa Saja Komponen Pada Panel LVMDP

AIR CIRCUIT BREAKER (ACB)

Air Circuit Breaker (ACB) ialah tipe penutup sirkuit dengan fasilitas pemadam busur api berbentuk udara. ACB dapat digunakan pada tegangan rendah dan tegangan menengah. Udara pada penekanan ruangan atmosfer digunakan sebagai peredam busur api yang muncul karena prosess witching atau masalah.

OIL CIRCUIT BREAKER (OCB)

OCB atau Oil Circuit Breaker sebagai tipe penutup sirkuit yang menggunakan minyak sebagai fasilitas pemadam busur api yang muncul saat terjadi masalah. Jika terjadi busur api pada minyak, karena itu minyak yang dekat busur api akan beralih menjadi uap minyak dan busur api akan dikitari oleh gelembung gelembung uap minyak dan gas. Gas yang tercipta itu mempunyai karakter konduktivitas termal yang bagus dengan tegangan ionisasi tinggi hingga sangat baik digunakan sebagi bahan media pemadam loncatan bunga api.

MOULDED CASE CIRCUIT BREAKER (MCCB)

Moulded Case Circuit Breaker (MCCB) ialah alat pengaman yang pada proses operasinya mempunyai dua manfaat yaitu sebagai pengaman dan sebagai alat penyambung. jika disaksikan dari sisi pengaman, karena itu MCCB dapat berperan sebagai pengaman masalah arus hubung singkat dan arus beban lebih. Pada tipe tertentu, pengaman ini mempunyai kekuatan pemutusan yang dapat ditata sesuai yang diharapkan.

MINI CIRCUIT BREAKER (MCB)

Mini Circuit Breaker (MCB) memiliki peranan sebagai alat pengaman arus lebih. MCB ini membuat perlindungan arus lebih yang karena berlangsungnya beban lebih dan arus lebih sebab ada jalinan pendek. Dengan begitu konsep dasar bekerjanya yaitu untuk penghentian hubungan yang karena beban lebih dengan relai arus lebih saat itu juga digunakan electromagnet.

GROUNDING

Grounding berperan sebagai pengaman listrik. Pengaman listrik akibatnya karena beberapa kabel yang terkupas dan berkenaan bodi part perlengkapan elektonik atau perlengkapan listrik yang seterusnya berkenaan orang. Karena ada komponen panel listrik ini karena itu saluran listrik yang tidak berperan akan digroundingkan.

CURRENT TRANSFORMER (CT)

Current Transformer (CT) ialah komponen panel listrik berbahan baja atau metal berbentuk lingkaran atau gelang persegi dan tengahnya berlubang. Komponen dari panel listrik ini mempunyai peranan sebagai penurun arus dan atau tegangan pada box panel.

GROUND FOULT CIRCUIT INTERRUPTION (GFCI)

Ground Foult Circuit Interruption (GFCI) ialah semacam Circuit Breaker yang bereaksi bisa lebih cepat dari MCB. Komponen panel listrik ini mengawasi listrik lebih detil dan bila ada short atau kabel terkupas dan berkenaan manusia, tidak menyebabkan cidera fatal sampai korban jiwa.