Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rekomendasi Jasa Pembuatan Panel KWH Meter Terpercaya

KWH Meter merupakan alat yang umum digunakan oleh pihak PLN untuk mengukur besar pemakaian daya yang digunakan konsumen.

Panel KWH Meter, Harga Panel KWH Meter, Jual Panel KWH Meter

Perusahaan Listrik Negara (PLN) menagih Anda untuk daya yang Anda gunakan berdasarkan pembacaan bulanan meteran listrik yang mengukur arus yang melewati pintu masuk layanan ke panel layanan listrik Anda (meteran listrik).

Meteran Listrik (KWH Meter) dapat berupa pengukur analog mekanis yang dibaca setiap bulan oleh petugas PLN yang mengunjungi rumah Anda atau pengukur digital yang lebih baru yang dapat mengirimkan informasi melalui sinyal internet atau radio.

Penggunaan Listrik Diukur dalam Kilowatt Hours

Apa pun bentuk meteran yang Anda miliki, alat ini mengukur jumlah listrik yang Anda gunakan dalam watt , atau lebih khusus lagi, Kilowatt Jam (KWH). Watt adalah tegangan dan arus listrik dalam rangkaian listrik: 1 volt x 1 amp = 1 watt. Tetapi rumus ini hanya mewakili ukuran potensial listrik. Untuk mengukur penggunaan energi aktual , Anda harus menambahkan elemen waktu. Oleh karena itu, penggunaan listrik adalah pengukuran watt yang digunakan selama periode waktu tertentu. Meteran listrik mencatat penggunaan listrik dalam Kilowatt Hour (KWH). Secara sederhana, 1 Kilowatt Jam (KWH)= 1.000 Watt-Jam. Misalnya, jika Anda menyalakan bola lampu 100 watt selama 10 jam, penggunaan energi dihitung sebagai 100 watt x 10 = 1.000 watt (atau 1 kilowatt jam).

Bagaimana Meteran Listrik Analog Mekanik Bekerja

Pengukur analog tradisional adalah perangkat mekanis meteran listrik yang dipasang oleh PLN didepan rumah, biasanya ditemukan di dekat pintu masuk gedung, disambungkan dengan kabel listrik PLN. Meteran biasanya terbungkus dalam wadah kaca dan memiliki cakram logam di dalamnya yang berputar saat sirkuit di dalam gedung menarik arus dari kabel servis. Jika Anda mengamati disk, Anda dapat melihat bahwa disk bergerak lebih lambat pada saat konsumsi listrik rendah, seperti pada malam hari, dan lebih cepat selama waktu penggunaan puncak.

Meter mekanik menggunakan dua kumparan konduktor yang menciptakan medan magnet. Satu kumparan dipengaruhi oleh arus yang melintasi konduktor; kumparan lainnya dipengaruhi oleh tegangan yang melintasi konduktor. Bersama-sama, medan magnet yang diciptakan oleh kumparan memutar piringan aluminium tipis dengan kecepatan yang terkendali. (Aluminium tidak bersifat magnetis tetapi dalam hal ini digerakkan melalui prinsip yang dikenal sebagai arus eddy ). Disk memutar serangkaian roda gigi yang menggerakkan lima tombol yang merekam listrik dalam kilowatt-jam. Mekanisme ini disebut indikator.

Konsumsi listrik Anda dibaca secara manual oleh petugas layanan PLN yang mengunjungi rumah untuk membaca nomor pada dial. Meteran listrik mekanis tidak dapat dibaca dari jarak jauh. Konsumsi listrik gedung Anda dihitung dengan mengurangkan angka bulan lalu dari pembacaan bulan ini.

Konsumen yang cerdas dapat belajar membaca tombol ini untuk mengukur penggunaan listrik mereka sendiri dan memverifikasi bahwa biaya PLN akurat.

Cara Membaca Meteran Listrik Mekanik

Untuk mencatat penggunaan listrik Anda harus memiliki titik awal dan titik akhir. Jika Anda ingin mengetahui berapa banyak listrik yang digunakan selama sebulan, lakukan pembacaan awal pada hari pertama bulan itu, kemudian lakukan pembacaan kedua pada akhir hari terakhir bulan tersebut. Perbedaan antara dua pembacaan akan memberi tahu Anda berapa kilowatt-jam yang Anda gunakan bulan itu.

Untuk melakukan pembacaan, mulailah dengan nomor di dial paling kiri di dalam meteran dan baca ke arah kanan. Tuliskan setiap nomor secara berurutan dari kiri ke kanan. Katakanlah bacaan awal Anda (di awal bulan) menunjukkan 01050. Bacaan kedua (di akhir bulan) menunjukkan 02050. Kurangi bacaan yang lebih rendah dari bacaan yang lebih tinggi: 02050 - 01050 = 1000. Ini berarti Anda menggunakan 1.000 kilowatt-jam selama sebulan.

Satu hal penting yang perlu diingat adalah jika dial berada di antara angka, pembacaan harus dicatat sebagai angka yang lebih kecil. Misalnya, jika dial berada di antara 1 dan 2, pembacaan akan dicatat sebagai 1 sampai melewati 2 pada dial. Perhatikan juga bahwa ketika Anda melihat lima dial, nomor dial pertama, ketiga, dan kelima berjalan searah jarum jam, sedangkan dial kedua dan keempat berjalan berlawanan arah jarum jam. Ini normal dan tidak perlu dikhawatirkan.

Bagaimana Pengukur Listrik Digital Bekerja

Panel KWH Meter, Power Meter, Harga Panel KWH Meter Jakarta, Tangerang

Meteran listrik digital datang dalam beberapa jenis. Gaya yang lebih tua berisi sistem mekanis serupa yang mengukur aliran listrik dari kabel layanan ke dalam gedung, tetapi juga memiliki konverter analog-ke-digital (ADC) yang mengubah pengukuran menjadi sinyal digital.

Jenis meteran listrik digital yang lebih baru memiliki sensor AC (arus bolak-balik) yang mendeteksi tegangan dan arus listrik pada kabel yang masuk. Jenis meteran digital ini lebih baik dalam mengambil semua daya dalam suatu rangkaian, membuatnya sedikit lebih akurat daripada jenis mekanis atau ADC.

Alih-alih dial, meteran digital memiliki tampilan elektronik yang dapat dibaca secara manual oleh Anda atau petugas servis di bagian depan meteran, atau sinyalnya dapat dikirim ke perusahaan PLN melalui sinyal frekuensi tinggi yang ditransmisikan kembali ke PLN. perusahaan pada kabel layanan listrik. Dalam beberapa gaya meteran digital, kendaraan dinas yang lewat dengan peralatan yang tepat dapat "membaca" meteran dengan sinyal frekuensi radio yang dipancarkan oleh meteran.

Jika rumah atau bisnis dilengkapi dengan panel surya atau turbin pembangkit angin yang mengirimkan daya kembali ke jaringan energi, meteran digital akan mencatat penggunaan bersih. Meteran melacak arah aliran energi, yang dapat dibaca di muka meteran sebagai "disampaikan" atau "diterima".

Rekomendasi Jasa Pembuatan Panel KWH Meter Terpercaya

Pada Industri biasanya memiliki lebih dari satu KWH Meter sehingga perlu disediakan tempat tersendiri agar terlihat rapi dan terawat.

Untuk itu kami menyediakan Panel KWH Meter yang berfungsi sebagai tempat berkumpulkan beberapa KWH agar menjadi rapi dan terawat.

Panel KWH Meter kami bisa ditambahkan (customize) dengan fitur logging data / record data, artinya setiap daya yang digunakan pada plan pabrik anda dapat secara otomatis direkam dan dimonitoring pada komputer secara berkala. Untuk info lebih lanjut anda dapat menghubungi kami secara langsung, teknisi kami akan menjelaskan secara detail mengenai fitur logging data ini.

**Butuh Panel KWH Meter untuk Industri anda??

SEGERA HUBUNGI KAMI SEKARANG JUGA !!


Panel KWH Meter